Rabu, 29 April 2015

7 Kandungan dan Manfaat Kurma

7 Kandungan dan Manfaat Kurma

Informasi Kesehatan | Apa kabar pembaca? Semoga anda dalam keadaan sehat selalu, kali ini kita akan membahas tentang salah satu buah yang lezat dan begitu berkhasiat. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa kurma berkhasiat dan dapat meredakan berbagai macam penyakit. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin dan mineral kurma yang sangat berlimpah. Berikut ini adalah 7 kandungan dan manfaat kurma:

7 Kandungan dan Manfaat Kurma
7 Kandungan dan Manfaat Kurma

1. Kurma memiliki konsentrasi polifenol tertinggi dibanding buah - buahan kering lainnya. Polifenol berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit. (University of Scranton, Amerika Serikat)

2. Kurma juga mengandung serat cukup tinggi yaitu 2,2gr/100gr buah. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya antara lain vitamin A, B, C, E, K, thiamin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, besi, fosfor, kalium, kalsium, natrium dan magnesium. (UNDIP Semarang)

3. Energi yang terkandung dalam kurma mencapai 300 kalori per 100 gram. Selain itu, 55% karbohidrat yang terkandung dalam kurma berupa glukosa. Glukosa termasuk karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi sehingga dengan cepat dapat menggantikan energi yang hilang selama berpuasa.

4. Penelitian tim dari Shiraz University of Medical Sciences, Iran, membuktikan meminum suspensi buah kurma dosis 120 dan 240 mg/kg bobot tubuh mampu meningkatkan jumlah, motilitas, dan bentuk sperma, serta kualitas DNA.

5. Mengkonsumsi kuram setiap hari juga disebutkan mampu melindungi fungsi hati, menurut riset di Faculte de Medecine, Tunisia. Dalam penelitian itu disebutkan ekstrak kurma dapat memperbaiki kerusakan hati akibat dimethoate semacam insektisida.

6. Kurma memiliki aktifitas antioksidan signifikan karena didalam buah kurma segar terkandung senyawa antosianin yang merupakan antioksidan alami. (AISSMS College of Pharmacology)

7. Dalam buku Food, Your Miracle Medicine, Jane Carper, kurma mempunyai aktifitas aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Kurma kering, menurutnya, mengandung salisilat alias aspirin alami yang sangat tinggi.

Dari penjelasan diatas, buah kurma memiliki kandungan gizi yang cukup banyak yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu menunggu bulan puasa untuk mengkonsumsi buah ini, karena buah ini baik juga dimakan setiap hari.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terimakasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar